Kamis, 10 November 2011

energi panas bumi





Energi panas bumi
A.      Pengertian
1.       Energy
Adalah sesuatu yang dapat memindahkan materi dari suatu tempat ketempat lain. Energy itu bebagai bentuknya. Energy dapat  berbentuk panas, gerak, cahaya, tenaga kimia, dan tenaga atom. Energy dalam bentuk panas, misalnya dapat berubah menjadi energy bentuk lain, misal energy mekanik. Perubahan ini misalnya terjadi dengan jalan mengubah air menjadi uap. Uap panas menekan mengerakn baling-baling suatu turbin sehinga turbin itu bergerak. Gerakn turbin ini dapat digunakn untuk bermacam-macam keperluan. Ernergi mekanik jug adapt berubah menjadi bentuk lain, misalnya energy listrik: dengan gerakanya energy mekanik memutar dynamo yang akan menghasilkan aliran listrik.
2.       Panas Bumi
Panas Bumi merupakan sumber energi yang tepat lingkungan, tak pernah habis, dapat terbarukan. Dampak negatif dari pengusahaan energi Panas Bumi menjadi energi dari Pusat Listrik Tenaga Panas Bumi terhadap lingkungan lebih sedikit dibandingkan energi yang diperoleh dari Pembangkit Listrik Tenaga Batubara, BBM atau Nuklir sekalipun.
3.       Energy Panas Bumi ( Energi Geotermal )
Energy Panas Bumi adalah energy yang berasal dari inti bumi. Inti bumi merupakan bahan yang terdiri atas berbagai jenis logam dan batu yang berbentuk cair, yang memiliki suhu tinggi. Energy geotermalyang dapat kita manfaatkan saat ini adalah panas bumiyang berasal dari magma.magma adalah batuan cair atau panas yang terdapat dalam kerak bumi. Pada saat bumi mendingin, kulitnya mengalami pengerasan tidak merata, masih ada bagian-bagian batuan bumi cair yang terkurung oleh batuanyang menjadi beku dalam kantong-kantong berupa batuan panas atau cairan yang disebut magma. Magma bervariasi ada yang besar dan ada yang kecil. Magma yang kecil lamakelamaan menjadi padat juga tanpa ada pengaruhnya berarti : tetapi magma yang besar dapat merember kepermukaan karna pengaruh pergeseran kulit bumu atau karena tekanan. Bila magma sampai ke permukaan bumi, makadisebut lava. Lava ini lah yang membentuk gunung-gunung di permukaan bumi. Gunung-gunung ini di bedakan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar